GRAPHICAL USER INTERFACE
Program Java Sederhana Menggunakan Awt Dan Swing
Pemahaman Dasar Graphical
User Interface (GUI)
Graphic User
Interface (GUI)
adalah suatu aplikasi dalam java yang berbasis grafik.gui membuat hasil dari
suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta
kemudahan penggunaan program. Graphic user interface
ini dibuat untuk memudahkan pegguna berinteraksi dengan perangkat komputernya,
jadi pengguna tidak perlu mengetik teks perintah yang ingin dijalankan, akan
tetapi pengguna hanya perlu mengeklik gambar atau ikon yang sudah dibuat oleh
suatu software tersebut, karena Graphic user interface ini telah
mengkonversi perintah tersebut menjadi ikon didalam layar komputer yang dapat
diklik untuk menjalankan fungsinya. java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.
AWT terdapat pada package
java.awt. package java.awt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform
sistem operasi. Tampilan dari java.awt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga
mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt
seperti component, window, frame, panel, dan dialog.
Swing terdapat pada package
javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem
operasi. Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah
terdpat pada package javax.swing yaitu Jframe, Jdialog, Joption, Japplet.
Membuat Contoh
Program Sederhana AWT
Untuk
lebih jelasnya program awt, maka langsung saja membuat program untuk contohnya.
Let's see a simple example of AWT where we are inheriting Frame class.
1. Contoh Java AWT Satu
Simpan dengan nama "cthAWT1.java" lalu di compile dengan klik CTRL+1, jika sudah di compile lalu jalankan program dengan klik CTRL+2. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.import java.awt.*;
public class cthAWT1 {
public static void main(String[] args) {
Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}
2. Contoh Java AWT dua
Simpan dengan nama "cthAWT2.java" lalu di compile dengan klik CTRL+1, jika sudah di compile lalu jalankan program dengan klik CTRL+2. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.
import java.awt.*;
class frameTurunan extends Frame {
Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
show();
}
}
public class cthAWT2 {
public static void main(String[] args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}}
Membuat Contoh Program Sederhana Swing
Berikut
ini adalah contoh sederhana program java swing, dengan kode program sebagai
berikut.
import javax.swing.*;
public class cthSwing1 {
public static void main(String[] args) {
JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing");
JLabel myLabel = new JLabel("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.setVisible(true);
myFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
JLabel myLabel = new JLabel("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
setVisible(true);
}
}
public class cthSwing2 {
public static void main(String[] args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}
Membuat
sebuah form sederhana dengan tampilan seperti pada gambar dibawah ini.
Kode program
sederhananya adalah sebagai berikut.
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class programawt {
public static void main(String[] args) {
Frame myFrame = new JFrame("Contoh program AWT");
JButton tombol1 = new JButton("Batal");
myFrame.add(tombol1);
myFrame.setSize(400,250);
myFrame.show();
}
}
No comments:
Post a Comment